Tips Mengatur Keuangan Khusus Mahasiswa Kos-kosan

Saat ini banyak sekali beredar foto-foto lucu mengenai kehidupan sebagai mahasiswa rantau maupun sebagai mahasiswa yang sedang ‘ngekos’. Mereka sering kali menghadapi masalah yaitu masalah keuangan terutama pada saat sudah tanggal tua. Hal inilah yang membuat mereka sering mencurahkan isi hati mereka melalui sosial media. Pada dasarnya sebagai mahasiswa kita sedang diuji untuk mengatur kehidupan kita agar lebih mandiri pastinya.

Bagi yang memiliki uang jajan pas-pasan tidak perlu ragu karena masih ada banyak cara agar bisa mendapatkan uang yang sesuai dan bisa memenuhi kebutuhan sampai dengan 1 bulan sampai ada uang jajan lagi. Berikut ini adalah tipsnya antara lain:

  1. Cari makan warteg, untuk berhemat sebaiknya kurangilah makan makanan yang mewah dan memakan banyak uang kita. Biasakan untuk makan di warung sederhana yang pastinya akan menawarkan harga yang lebih murah.
  2. Jangan mudah lapar mata, karena biasanya memang mudah membeli barang yang sebenarnya tidak penting inilah yang menyebabkan uang mudah habis.
  3. Masak sendiri, jika di tempat kos disediakan tempat untuk memasak maka ada baiknya memasak sendiri karena ini akan jauh lebih baik dibandingkan dengan membeli makanan terus. Memasak akan jauh lebih hemat pastinya.
  4. Cuci pakaian sendiri, jika tidak disediakan layanan pencucian pakaian dari tempat kos maka jangan mencuci dengan laundry karena akan memakan biaya yang besar.

Sebagai mahasiswa pastinya memang kita juga akan mengeluarkan uang untuk beberapa keperluan pendidikan. Untuk hal ini sebenarnya bisa dikonsultasikan dengan orang tua karena ini merupakan kewajiban mereka juga. untuk mengakali uang jajan yang sering kurang kita juga bisa melakukan pekerjaan part time.

Bagi mahasiswa memang memasak bukan hal yang mudah tetapi kita harus bisa belajar agar bisa mendapatkan hal yang penting seperti untuk bisa menghemat uang jajan kita. Hal ini sangat penting sekali pastinya untuk kita yang belum memiliki keahlian untuk memasak, ini semua bisa dipelajari dengan mudah asalkan ada niat dari dalam diri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *