Tips Membina Keluarga Agar Tetap Harmonis Dan Bahagia

 

Pada dasarnya manusia menikah semata – mata hanya untuk mendapatkan kebahagiaan dan kenyamanan dalam berumah-tangga terlebih lagi sebagai proses peningkatan keturunan yang lebih baik lagi. Menikah dan membina keluarga adalah hal yang disunatkan Rasulullah Saw. Yang mana tujuan utama dalam membina keluarga agar selalu bahagia adalah harus mengikuti semua ajaran yang telah dicontohkan oleh manusia sebelumnya yaitu nabi Muhammad Saw. Membina keluarga agar tetap harmonis dan bahagia tidak semudah membalikan telapak tangan, karena semua butuh proses dan perjuangan, namun untuk menciptakan keluarga yang harmoni dan bahagia tentunya harus dimulai dari beberapa kewajiban dan hak sebagai suami dan istri dengan baik serta saling memahami dari beberapa factor. Berikut tips membina keluarga agar tetap harmonis dan bahagia.

  1. Pasangan suami istri harus mengerti dan paham bahwa menjalani rumahtangga tidak akan semulus serta lurus. Layaknya jalan yang tentunya ada liku-liku kehidupan yang harus siap dijalani bersama. Artinya, ketika ada suatu persoalan dan permasalahan, hal yang harus dilakukan pasangan adalah bagaimana cara menyelesaikan mencari solusinya bukan memperpanjang atau memperkeruh suasana atas permasalahan tersebut. Umumnya, permasalahan yang muncul pada keluarga bermula dari hal kecil, dan jika dibicarakan dan di selesaikan dengan baik maka hasilnya pun akan baik.
  2. Selanjutnya tips agar keluarga tetap harmonis dan bahagia adalah menghadapi masalah secara bersama-sama misalnya ketika permasalahan rumah tangga dan masalah mulai datang, janganlah saling berlepas tangan, atau saling membenci tetapi sebaliknya justru semakin erat berpegangan tangan untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Ingat masalah hanya sebentar yang tentunya beda dengan perjalanan rumahtangga anda.
  3. Banyak beribadah

Pasangan yang banyak mendekatkan diri pada Allah akan mendapatkan kebahagiaan dan ke harmonisan sebagaimana yang telah Allah janjikan dalam ayat-ayat Al-quran.  Oleh karena itu tips menciptakan keluarga yang harmonis dan bahagia adalah banyak berdoa, mengaji dan tetap berusaha untuk saling mendoakan.

Demikian tips membina keluarga agar tetap harmonis dan bahagia selalu. Keluarga adalah tumpuan harapan yang menjadi benteng penerus bangsa maupun agama. Oleh karena itu, hadirkan nuansa kebahagiaan dalam keluarga anda melalui tips-tips di atas. Semoga bermanfaat !!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *