Posdaya Puspa Lestari Binaan IPB Raih Juara Nasional

Sebagai PTN berkualitas yang mengabdi kepada masyarakat, IPB (Institut Pertanian Bogor) selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan senantiasa mendampingi dan membina Pos Pemberdayaan Keluarga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas. Keberhasilan IPB dalam membina dan membimbing Posdaya terbukti dengan banyaknya torehan prestasi yang didapatkan. Salah satunya yaitu melalui Lomba Posdaya Tingkat Nasional. Posdaya Puspa Lestari binaan IPB yang berasal dari Kampung Babakan Sukamantri, Pasir Kuda berhasil mendapatkan gelar juara.

Posdaya Puspa Lestari telah berturut-turut mendapatkan gelar juara 2 dari ajang Lomba Posdaya Tingkat Nasional yang diadakan pada tahun 2014 dan 2015. Selain menjadi suatu kebanggaan pihak Posdaya, masyarakat Pasir Kuda, masyarakat Bogor Barat dan sekitarnya, hal ini juga menjadi kebanggaan yang luar biasa bagi Pemerintah Kota Bogor sekaligus Institut Pertanian Bogor yang telah bertindak sebagai Korwil Jawa Barat dan wilayah Lampung dalam acara lomba yang bersangkutan.

Peran yang ditorehkan oleh IPB dalam membina dan mendampingi Posdaya Puspa Lestari dalam meraih prestasi sebagai juara nasional patut di apresiasi dan dinilai sangat menginspirasi semua pihak. Selain menjadi juara nasional, Posdaya Puspa Lestari juga menjadi rujukan berbagai Posdaya yang ada di Indonesia untuk terus belajar sehingga tak heran bila beberapa pihak melakukan OST atau Observasi Study Tour di Pos Pemberdayaan Keluarga Puspa Lestari, antara lain:

  • STTN Yogyakarta.
  • Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Barito Kuala.
  • PKK Kabupaten Gorontalo Utara.
  • Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  • Rumah Belajar Cinere.

Pentingnya komunikasi dan koordinasi yang terjalin antara kader Posdaya serta kreativitas kerja yang dikembangkan sangatlah penting dalam menciptakan inovasi penataan lingkungan yang sehat dan bersih dalam semua sektor, mulai dari lingkungan, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lain-lain. Melihat prestasi yang begitu membanggakan dari Posdaya Puspa Lestari, pihak IPB (Institut Pertanian Bogor) dan Pemerintah Kota Bogor mengaku sangat bangga dan senang bisa mensupport dan mengantarkan Posdaya Puspa Lestari untuk menorehkan berbagai macam prestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *