Perwakilan MSP-IPB Pada Ajang Pemuda Pesisir Dan Lautan se-Asia Timur

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, IPB (Institut Pertanian Bogor) senantiasa berpartisipasi dan ikut serta dalam berbagai macam ajang kegiatan pemuda berskala internasional. Contohnya di bulan November tahun 2015 lalu, Enggar Yulia Wardani, mahasiswi program fast track dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan atau MSP Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menjadi delegasi IPB dan Indonesia dalam ajang internasional yang mendukung pembangunan pesisir dan lautan secara berkesinambungan sekaligus berperan aktif di dalam ranah internasional.

Enggar Yulia Wardani mewakili Institut Pertanian Bogor dan pemuda Indonesia dalam ajang 4th East Asian Seas Youth Forum, EAS Congress 2015. Acara yang diadakan pada tanggal 16 sampai 21 November ini diadakan di Da Nang, Vietnam dengan tema “Charting the Future We Want: Engaging Young Champions for the Ocean Beyond 2015”. Enggar bisa terpilih sebagai delegasi Indonesia melalui berbagai proses seleksi yang dilakukan oleh komite Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Resource Facility dan disetujui oleh PEMSEA National Focal Point of Indonesia beserta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Selain Indonesia, ada juga perwakilan pemuda dari negara lainnya seperti China, Kamboja, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Laos, Timor Leste dan Vietnam. Total peserta dari negara-negara yang berpartisipasi sebanyak 66 orang. Peserta tersebut merupakan mahasiswa dan aktivis pilihan yang berkontribusi dalam bidang pesisir, lautan dan lingkungan. Ada banyak aktivitas dan kegiatan peserta selama ajang Youth Forum berlangsung, antara lain diskusi, team building, workshop dan konferensi. Berbagai topik materi pun diangkat sebagai bahan diskusi dalam forum berkelas internasional ini.

Sebagai perwakilan dari MSP, FPIK – IPB (Institut Pertanian Bogor), Enggar berkesempatan untuk mempresentasikan potensi pesisir dan lautan di Indonesia yang berperan sebagai Poros Maritim Dunia sekaligus memperkenalkan aktivitas Himpunan Mahasiswa MSP yaitu Green Belt Conservation secara aktif dan komunikatif selama acara. Itulah sebabnya Enggar mendapatkan penghargaan The Best Congeniality Award dan 2nd Best Winner Team bersama timnya dalam acara team building bertema Scavenger Hunt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *