Aspek-aspek Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Anak pada usia dini memerlukan perhatian yang serius. Dalam masa inilah anak-anak akan mengalami masa-masa keemasan. Masa-masa keemasan yang dialami anak harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh orang tua. Dengan memberikan pengetahuan-pengetahuan yang semaksimal mungkin, anak-anak akan tumbuh menjadi anak yang pintar dan memiliki sifat yang baik. Perkembangan memiliki arti yang berbeda dengan pertumbuhan. Perkembangan akan terjadi karena perubahan pada kepribadian yang dialami anak yang diakibatkan karena pembelajaran serta pertumbuhan. Untuk menumbuhkembangkan anak dari Usia dini, telah ada program PAUD atau pendidikan anak usia dini.

Anda sebagai orang tua dapat ikut bergabung pada PAUD untuk memberikan rangsangan-rangsangan bagi anak bagi dari segi perkembangan jasmani, rohani, maupun pendidikan lainnya. Terdapat beberapa aspek pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini . Beberapa aspek tersebut diantaranya adalah:

  1. Aspek perkembangan emosi

Anak dapat berkembang secara emosi melalui proses bermain. Anak juga akan belajar untuk mengatasi masalah yang dihadapinya dengan mengontrol emosinya.

  1. Aspek kemampuan motorik

Perkembangan motorik anak terjadi dari proses bergerak yang ia lakukan ketika belajar. Anak akan menggunakan kemampuan otot besar dan otot kecil untuk membuat kemampuan motoriknya menjadi berkembang.

  1. Kemampuan bersosialisasi

Dengan bermain, anak akan mampu bersosialisasi dengan teman sebayanya. Anda dapat mengajarkan anak untuk mengurangi sikap egoisnya dengan cara bersosialisasi sambil bermain.

  1. Perkembangan kognitif

Perkembangan kognitif adalah perkembangan dimana anak mampu menghasilkan kreativitas yang baru. Melalui proses bermain, anak dapat secara aktif mengembangkan kemampuannya untuk melakukan hal-hal baru.

  1. Kemampuan berbahasa

Anak-anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasanya melalui komunikasi pada saat bermain bersama teman sebayanya. Ia juga akan belajar secara spontan untuk berkomunikasi dengan orang-orang dewasa yang menjaganya ketika sedang bermain.

Itulah beberapa aspek pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini . Dunia anak adalah dunia bermain, dan Anda dapat membiarkan anak yang bermain untuk mendapatkan hal-hal yang positif yang mampu membantu perkembangan anak menjadi lebih baik. Lengkapi pula kebutuhan gizi anak di saat masa pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dengan memberikan susu dari produk Wyeth Nutrition.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *