Pengobatan terbaik untuk diare anak

Gejala yang terjadi pada diare anak akan hilang dalam waktu 5 hingga 7 hari atau dibawah waktu 2 minggu. Sistem kekebalan tubuh manusia yang akan melawan infeksi penyebab diare secara alami. Meskipun demikian diare dapat berlangsung lama karena bergantung pada penyebabnya. Meskipun penyakit diare dapat sembuh dengan sendirinya anda dapat meringankan gejalanya dengan beberapa cara, diantaranya yaitu :

  • Manambah konsumsi cairan
    Untuk menghindari dehidrasi disarankan untuk minum cairan yang cukup terutama pada anak – anak. Anda disarankan untuk memberikan minum beberapa tegukan cairan sesering mungkin meski anak sedang mengalami gejala muntah. Hindari meminum jus buah dan minuman bersoda karena dapat membuat kondisi diare anak semakin parah. Apabila anak anda mengalami gejala – gejala dehidrasi seperti jarang buang air kecil, kulit menjadi pucat atau berbintik, kondisi tubuh yang menurun, kaki dan tangan terasa dingin serta rewel, disarankan kepada anda untuk segera membawanya ke dokter.
  • Atasi diare anak dengan cairan oralit
    Penderita penyakit diare yang disarankan untuk meminum cairan orallit adalah mereka yang mempunyai masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung lemah. Oralit sangat mudah larut di dalam air dan berfungsi untuk menggantikan garam, glukosa dan juga mineral yang hilang di dalam tubuh akibat dari penyakit diare. Oralit dapat dibeli di apotik – apotik tanpa harus menggunakan resep dari dokter. Anda dapat melihat petunjuk atau takaran pemberian oralit yang ada pada kemasannya. Takaran yang diberikan biasanya bergantung pada usia dan berat badan pada anak.
  • Berilah makanan saat mengalami diare
    Apabila anak anda terkena  diare pastikan anda meberinya makanan padat setelah mampu untuk mengkonsumsi makanan. Hal ini juga sangat disarankan oleh dokter. Sebaiknya porsi makan anak jangan terlalu banyak dulu dan jangan beri anak makanan berlemak dan pedas. Selain itu lakukan cuci tangan dengan lifebuoy sabun cair untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel ditangan sebelum makan. Hal tersebut guna untuk mencegah dan menghindari dari terserangnya penyakit diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *