Orang kaya yang muncul dari keluarga miskin

Siapa bilang kalau mau kaya  patut punya modal dulu? siapa bilang yang bisa kaya cuma anak orang kaya? orang-orang ini sudah memercayakan bahwa kekayaan bisa dicapai dari  enggak menyandang apa-apa. siapa saja mereka dan bagaimana mereka merubah nasib dari miskin  sebagai super kaya?

  1. kenny troutt, pendiri excel communications : kekayaan 1,7 miliar us dolar

kenny troutt yang hanya anak seorang bartender mengawali karirnya  atas  sebagai sales asuransi jiwa. penghasilan ayahnya  enggak memadai untuk dia melanjutkan kuliah, se sampai ia memutuskan untuk berusaha sendiri. hasil dari penjualan polis asuransi terpikir ia gunberencana untuk membayar biaya kuliahnya di universitas southern illinois.

pada tahun 1988 troutt mendirikan sebuah perusahaan telekomunikasi bernama excel communication. pada saat itu baru saja terjadi perubahan dalam regulasi perusahaan telekomunikasi di amerika serikat. pada tahun 1996 troutt memutuskan untuk mengembangkan perusahaan inimelalui sistem multi level marketing (mlm).

 enggak disangka, terjual  bertambah dari 200,000 franchise perusahaan. dalam waktu 8 tahun excell communication  sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar keempat di amerika. dan  sebagai perusahaan telekomunikasi termuda  atas angka pendapatan yang tinggi. microsoft dapat berkembang sebesar excell dalam waktu 15 tahun,  tengah perusahaan baru ini hanya butuh 8 tahun saja.

di tahun 1998 troutt memperluas perusahaannya  atas menggabungkan excell  atas sebuah perusahaan telekomunikasi bernama teleglobe. kenny trott juga berinvestasi dalam pacuan kuda serta membiayai klub basket anak-anak kurang mampu secara ekonomi. karena kepedulian sosialnya yang tinggi ini trott didapuk  laksana 25 pengusaha  atas kontribusi sosial terbaik versi centre for responsive politics

  1. howard schultz, ceo starbucks: kekayaan 2 miliar us dolar

ceo waralaba kopi terbesar di dunia ini tumbuh dalam sebuah keluarga miskin di brooklyn, amerika serikat. ayahnya yang bernama fred hanya seorang veteran lulusan sma yang membiayai keluarganya dari  sebagai supir truk. pada tahun 1961 ayah howard terkena kecelakaan yang mengakibatkan kakinya cacat. sejak saat itu keluarga howard yang sudah miskin jatuh  sebagai  bertambah miskin.

ia menghabiskan masa kecilnya di canarsie in the bayview projects, sebuah perumahan subsidi yang khusus diperuntukkan untuk orang-orang miskin.  dalam sebuah wawancara, howard menceritberencana tentang bagaimana perasaannya tumbuh besar di perumahan kumuh.

“tumbuh besar, ane selalu merasa seperti berada di jalur lain dari hidup. ane tahu di sisi lain kasat mata orang-orang yang menyandang sumber daya  bertambah,  bertambah banyak uang dan  bertambah bahagia. dan  enggak tahu kenapa ane selalu ingin memanjat pagar pembatas itu dan menyandang apa yang mereka punya. ane ingin memercayakan kalau apa yang orang bilang  enggak mungkin itu ternyata bisa diwujudkan.”

walau keluarganya miskin, ibu howard selalu mendorong howard dan kedua adiknya untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya. howard akhirnya berhasil masuk ke universitas northern michiganmelalui beasiswa sepakbola. selepas lulus, ia sempat bekerja di perusahaan peralatan rumah tangga, hammarplast.

howard  start mendapati bahwa kasat mata perusahaan kopi di seattle yang membeli banyak alat pemroses kopi dari hammarplast. dia kemudian mendatangi kedai kopi terpikir dan memutuskan untuk bergabung  atas perusahaan kecil yang baru dikenalnya. keputusan ini sempat ditentang ibunya. karena menurut beliau, usaha kopi  enggak berencana maju.

saat ini schultz telah membuka  bertambah dari 1.300 gerai starbucks di kurang lebih dunia. dari tumbuh di perumahan kumuh, kini ia menyandang 172.000 pegawai yang tersebar di 16.000 outlet. saat ditanya perusahaan macam apa yang ingin ia bangun schultz hanya menjawab,

“aku ingin membangun perusahaan yang membuat ayahku bangga. sebuah perusahaan yang bisa membuat ayahku berkata, ‘inilah perusahaan yang menghormatiku walau ane  enggak punya pendidikan’. ane ingin mendirikan perusahaan yang menyandang moral seperti itu”.

3. oprah winfrey : kekayaan 2,9 miliar us dolar

presenter terkenal yang keahliannya sudah  enggak diragukan lagi ini lahir dari sepasang remaja yang belum menikah. ia tinggal bersama neneknya  sampai usia 6 tahun,  tengah ayah dan ibunya berusaha bekerja demi kehidupan yang  bertambah baik.

setelah kematian neneknya, oprah pindah ke milwaukee untuk hidup bersama ibunya yang hanya bekerja  laksana pembantu rumah tangga. oprah sering ditinggal sendiri di rumah selama ibunya bekerja. keadaan ini dimanfaatkan oleh situ laki-laki ibu oprah. ia melakukan kekerasan fisik dan seksual pada oprah dari ia berumur 9  sampai 13 tahun.  enggak tahan terus menerima kekerasan dan pelecehan seksual, oprah pun bertolak dari rumah dan hamil pada usia 14 tahun.

bayi yang dikandung oprah meninggal karena prematur. ibunya yang sudah  enggak tahan pada kenakalan oprah akhirnya mengirimnya untuk tinggal bersama ayahnya, vernon winfrey. ayah oprah kasat matalah pendidik yang sangat kaku. ia memaksa oprah menghapal 5 kosa kata baru setiap hari, membaca buku dan kemudian menuliskan ulasannya. pola pendidikan yang terkesan mengekang ini justru memunculkan kemampuan oprah yang terpendam.

 start saat itu prestasi akademinya melonjak drastis. oprah mendapati kemampuannya dalam public speaking, se sampai ia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan komunikasi universitas negeri tennesse. oprah mengawali karirnya dari  sebagai pembaca berita di sebuah stasiun tv lokal  sampai kemudian menyandang talkshow sendiri yang kita kenal  atas nama oprah winfrey show.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *