Membiasakan Diri Menjaga Kebersihan Kulit untuk Kesehatan Anak

Pada masa kanak-kanak, sistem kekebalan tubuh masih belum dapat bekerja maksimal seperti saat dewasa. Sistem imun anak masih sangat rentan terhadap serangan bakteri yang menimbulkan penyakit ataupun kesehatan anak yang terganggu. Hal-hal kecil mengenai cara hidup sehat justru biasanya ternyata memberikan dampak yang besar dalam upaya menjaga kesehatan anak. Salah satu hal kecil yang dapat memberikan dampak besar terhadap kesehatan anak ialah mengenai perawatan terhadap kulit. Contohnya, keringat yang mengucur saat anak baru pulang dari bermain tidak langsung dibasuh dan dibiarkan saja, itu akan membuat kulit merasa gatal-gatal dan akan memancing semakin banyak bakteri yang menempel.

Para orangtua harus dapat mengajak anak untuk membiasakan diri menjaga kebersihan kulitnya dengan cara membasuh memakai kain bersih saat keringat mengucur salah satunya. Kemudian juga untuk menghilangkan rasa gatal, ajarkan kepada anak untuk dapat membersihkan diri dengan mandi secara baik dan menggunakan sabun cair Lifebuoy untuk menghilangkan kuman-kuman yang menempel di badan. Berikut ada beberapa hal umum yang dapat diajarkan oleh orangtua kepada sang anak untuk menjaga kebersihan kulit dalam upaya menyehatkan tubuh dan menghindarkan dari serangan penyakit.

  1. Ajarkan kepada anak untuk rutin mandi pagi dan sore secara baik dengan memakai sabun cair anti bakteri Lifebuoy.
  2. Anjurkan kepada anak untuk membersihkan semua bagian tubuhnya ketika mandi
  3. Rutin untuk mengganti pakaian atau popok jika masih menggunakan popok
  4. Hindarkan anak-anak dari produk-produk kosmetik yang belum diketahui jelas kandungan di dalamnya. Hal ini tujuannya tak lain untuk menghindarkan anak dari terjadinya alergi kulit
  5. Jaga kulit anak yang kering dengan rutin mengoleskan minyak nabati ataupun minyak zaitun
  6. Jaga tidur anak dari gigitan nyamuk saat sedang terlelap tidur. Satu kegiatan ini dapat ditempuh dengan cara mengoleskan minyak serai pada kaki, tangan, juga telinga

Selain itu, orangtua juga sangat penting untuk memberikan menu konsumsi yang bergizi untuk memenuhi asupan nutrisi sang buah hati. Kemudian juga orangtua perlu mengajarkan kepada anak untuk tidak sembarangan membeli makanan di luar rumah. Menjaga kesehatan anak memanglah gampang gampang susah. Namun tentu setiap orangtua tak pernah menginginkan buah hatinya terserang penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *