Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Makanan Sehat
Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Belum cukup banyak masyarakat yang mengenal bahwa beras merah merupakan salah satu konsumsi sehat dengan mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kendati begitu, sebagian masyarakat sudah ada yang mulai beralih untuk menjadikan beras merah sebagai konsumsi sehari-hari. Beras merah punya segudang manfaat untuk kesehatan kita. Untuk lebih lengkapnya lagi, mari simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini :

  1. Beras merah sebagai makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks. Sangat cocok untuk menjadi konsumsi harian yang sedang menjalani program diet. Karbohidrat mempunyai dua jenis, yakni sederhana dan kompleks. Untuk karbohidrat sederhana sendiri adalah, jika dikonsumsi akan mudah untuk diserap pada sistem pencernaan. Hal tersebut menjadikan gula darah dalam tubuh pun cepat meningkat dan rasa lapar cukup mudah untuk datang kembali. Sementara untuk karbohidrat kompleks akan lebih mudah untuk dicerna dan karena prosesnya yang lama untuk dicerna ini menjadikan kadar gula dalam darah mengalami peningkatan yang berangsur-angsut serta kenyang pun lebih lama.
  2. Kandungan serat di dalam beras merah mampu juga menjadi solusi makanan sehari-hari anda yang sedang diet. Di satu cangkir dalam beras berah terkandung serat mencapai 3.5 gram. Makanan yang kaya serat seperti beras merah ini akan membantu untuk melancarkan sistem pencernaan.
  3. Bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Sepertinya memang tak cukup banyak yang tahu kalau makanan sehat yang satu ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian yang dirilis pada American Journal of Clinical Nutrition menyatakan jika kandungan minyak yang terdapat dalam beras merah memiliki peranan penting dalam mengurangi kadar kolesterol, terlebih menurunkan LDL.
  4. Beras merah juga berperan sebagai anti inflamasi. Hal ini dikarenakan beras merah mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.
  5. Meminimalisir resiko kanker pun merupakan salah satu khasiat yang dipunyai oleh beras merah. Makanan sehat yang satu ini punya kandungan manganese yang diklaim kuat untuk mampu melawan radikal bebas, dimana radikal bebas sendiri menjadi penyebab besar terjadinya kanker. Beberapa penelitian menyatakan jika beras merah mempunyai senyawa phenolic yang lebih tinggi ketimbang beras putih dan senyawa tersebut sendiri punya efek menekan progresifitas sebuah proses keganasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *