Makanan pencegah penyakit hipertensi

Cara mencegah penyakit hipertensi
Makanan pencegah penyakit hipertensi

Makanan pencegah penyakit hipertensi

Cara mencegah penyakit hipertensi – Makanan pencegah penyakit hipertensi sangat penting untuk di konsumsi dalam sehari-hari. Hal ini berkaitan dengan faktor utama penyebab penyakit hipertensi yaitu karena pola makan yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dapat memicu penyakit. Hipertensi adalah suatu penyakit yang dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya apabila tidak segera diatasi. Hipertensi adalah faktor utama penyebab berbagai jenis penyakit kronis seperti stroke, aterosklerosis dan serangan jantung. Anda dapat mencegah penyakit hipertensi tersebut dengan mengkonsumsi beberapa makanan seperti yang tertera di bawah ini.

  • Gandum

Ganti konsumsi nasi dengan gandum untuk sarapan pagi. Gandum adalah bahan makanan yang dapat mencegah penyakit hipertensi. Karena gandum mengandung karbohidrat kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Bawang putih

Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dan pelengkap masakan. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa bawang putih dapat dijadikan sebagai cara mencegah penyakit hipertensi. Bawang putih juga dapat menghilangkan penyumbatan pada jantung.

  • Tomat

Kandungan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D dan vitamin E. Tomat dapat mencegah serta menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi di dalam tubuh.

  • Susu skim

Susu skim atau susu bebas lemak mengandung kalsium serta vitamin D yang berperan dalam menjaga tekanan darah agar selalu berada di posisi tekanan normal.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau yang kaya akan potasium, folat dan magnesium ini dipercaya dapat menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah. Selain itu sayuran hijau juga dapat dijadikan sebagai alternatif yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi.

  • Kentang putih

Kandungan magnesium dan potasium di dalam kentang putih berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kedua mineral ini dapat membantu menjaga tekanan darah agar berada dalam kondisi normal.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah.

  • Pisang

Pisang merupakan sumber kalium dan juga termasuk pilihan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu pisang juga mampu mengontrol tekanan darah agar selalu dalam keadaan normal sehingga pisa dapat dijadikan sebagai cara mencegah penyakit hipertensi.

Baca juga: Deterjen Rinso Matik Untuk Buka Usaha Laundry an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *