Mahasiswa IPB Juarai Debat Bahasa Inggris Kandungan Al-Quran Tingkat Nasional

Hasrul Abdurahman, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) asal Bekasi ini berhasil menjadi Jawara dalam debat bahasa Inggris di Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2015. Tidak seperti lomba debat pada umumnya, materi yang diperdebatkan adalah kandungan Al Quran. Berkat keberhasilannya mengharumkan nama IPB di tingkat nasional, Hasrul berhak mendapatkan hadiah umroh gratis dan uang tunai sebesar 7,5 juta rupiah. Selain menjadi juara dalam ajang yang digelar di Universitas Indonesia (UI) ini, Hasrul memiliki berbagai macam prestasi (bisa dilihat di biodata). Untuk mengetahui lebih dalam proses Hasrul meraih prestasi menjadi juara debat bahasa Inggris di MTQ 2015, berikut petikan wawancaranya :

Bagaimana awalnya bisa mengikuti lomba MTQMN 2015 ?

Sejak awal saya tertarik dengan bidang public speaking, dan mengikuti event debate competition merupakan salah satu cara saya dalam menyalurkan ketertarikan tersebut. Namun, mengikuti lomba debat di MTQMN ini merupakan tantangan tersendiri. Disamping harus menggunakan logika, saya juga harus paham benar mengenai dasar-dasar ilmu Islam yang dapat mendukung logika saya tersebut. Dengan pedoman satu kalimat yang selalu saya bawa dalam setiap ronde pada lomba kemarin, “Debat itu sarana berdakwah”. Alhamdulillah Allah punya rencana hebat dalam menyiapkan momen kemenangan saya dalam kompetisi ini.

Kok bisa fasih terjemahan Al Quran dan bahasa Inggris?

Saya akui saya adalah manusia yang sangat ingin tahu terhadap banyak hal. Persoalan bahasa Inggris memang saya tidak merasa kesulitan karena dalam keseharian saya pun, persentase saya berbahasa Inggris dan Indonesia bisa dikatakan hampir balance (50:50).

Perlu berapa lama menguasai terjemahan Quran dan bahasa Inggris?

Jujur saja, saya membutuhkan waktu satu tahun dalam mempelajari dan meresapi sebagian kecil dari Al-Quran. Dahulu saya menghafal jus 30 saja membutuhkan waktu lima bulan. Menghafal jus satu saya membutuhkan waktu tujuh bulan. Saya merasa menghafal dan apalagi menguasai terjemahan Quran agak sulit bila tidak didampingi oleh guru. Untuk bahasa Inggris saya sudah lancar menguasainya sejak kelas 2 SMA.

Sudah berapa kali mengikuti kompetisi serupa?

Untuk lomba debat saya sudah tujuh kali mengikuti kompetisi, tapi untuk debat kandungan Quran ini baru pertama kali. Untuk bidang lain, saya pernah mengikuti kompetisi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM).

Waktu itu materi debatnya apa dan lawannya siapa?

Debatnya adalah mengenai materi-materi politik, budaya, ekonomi, hingga ke militer ada semua. Selama lomba kemarin, perwakilan IPB bertemu dengan banyak perguruan tinggi. Beberapa diantaranya yang bertemu dari babak semifinal adalah UPI, UI, UN Gorontalo, dan Universitas Muslim Indonesia, hingga babak grandfinal bertemu dengan UI, Unesa, dan Unpad. Alhamdulillah IPB nomor wahid saat di grandfinal.

Hadiah yang diterima?

Dapat hadiah uang tunai Rp 7.500.000 dan berkesempatan meraih umroh ke tanah suci

Cita-cita ke depan seperti apa?

Saya bercita-cita menjadi cendekiawan muslim yang besar seperti Dr. Zakkir Naik, menjadi pebisnis yang hebat seperti Gita Wirjawan, dan membesarkan perusahaan sayaEMAS Enterprise yang terdiri dari EMAS Institute, EMAS Data Consultant, EMAS Speak Institute, EMAS Islamic International School, dan EMAS Islamic House (panti asuhan dan rumah penghafal quran). Saat ini saya memiliki 70 orang karyawan.

Highlight Prestasi:

No Prestasi Yang Diraih
1 2nd Runner Up Indonesia Varsity English Debating Championship 2014, UKSW
2 Quarterfinalist Asian Law Students Association Debating Championship 2014, UI
3 Suiji SLP scholars, Japan
4 Pre-semifinalists of National Economic Debating Championship 2014, Unpad.
5 1st Winner English Debating of MTQ IPB 2015
6 1st Winner English Debating of MTQ Nasional Indonesia 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *