Inilah Bentuk Izin Usaha Yang Harus Diketahui

BKPM adalah lembaga pemerintah non departemen Indonesia yang memiliki tugas untuk merumuskan kebijakan pemerintah di bidang penanaman modal baik dari dalam negeri ataupun juga luar negeri. Ketika anda mendapatkan informasi mengenai berbagai usaha yang bisa anda coba untuk mendapatkan keuntungan dari BKPM, maka tentunya anda harus mendapatkan izin usaha terlebih dahulu agar usaha yang anda jalankan bisa lancar dan juga sah. Untuk itu anda harus mengetahui terlebih dahulu bentuk izin usaha.

Izin usaha merupakan bentuk persetujuan ataupun juga pemberian izin dari pihak yang berwenang akan usaha yang dijalankan. Terdapat beberapa bentuk izin usaha yang bisa anda ketahui diantaranya yaitu:

1. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Surat izin yang satu ini diberikan oleh menteri ataupun juga pejabat kepada pengusaha yang bergerak di bidang perdagangan dan juga jasa misalnya perseorangan, firma, CV, PT koperasi< BUMN dan juga yang lainnya.

2. SITU atau Surat Izin Tempat Usaha. Surat izin ini diperlukan oleh setiap perusahaan. Hal ini bertujuan untuk membangun keamanan dan juga kelancaran usaha. Surat izin yang satu ini dikeluarkan oleh pemerintah kabupaten ataupun juga kotamadya.

3. NPWP atau Nomor Pokok wajib Pajak. Setiap orang yang mendapatkan penghasilan diatas penghasilan tidak kena pajak atau PTKP. Untuk itu bagi anda yang akan menjalankan usaha, maka anda harus mendaftarkan usaha anda tersebut sebagai wajib pajak. Karena jika tidak didaftarkan, maka usaha anda akan dipidanakan dan juga mendapatkan sanksi.

4. NRP atau Nomor Register Perusahaan selain itu juga TDP atau Tanda daftar Perusahaan. Apabila perusahaan ataupun juga usaha anda harus didaftarkan. Karena apabila sudah didaftarkan, makan nomor register tersebut akan dipasang dan juga dicantumkan pada papan nama perusahaan ataupun juga dokumen-dokumen yang digunakan ketika kegiatan usaha berlangsung.

5. AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Hal ini sangatlah penting dengan AMDAL tersebut bisa membuktikan bahwa usaha yang anda jalankan tidak mengganggu ekosistem lingkungan sekitar dimana usaha anda berjalan.

Bentuk-bentuk perizinan yang disebutkan diatas tadi tentunya sangatlah penting agar usaha yang anda jalankan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *