Hamparan Industri Pariwisata Indonesia

Sektor pariwisata di Indonesia merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalanya, Indonesia sendiri merupakan negara yang memiiki letak geografis yang seksi, diantara dua benua yaitu benua Asia dan Autralia dan diantra dua Samudra yakni Samudra Hindia dan Samudera Pasifik. Selain itu, bentuk fisik negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan menambah seksi saja posisi alam Indonesia. Letak dan bentuk fisik negara yang begitu unik tersebut membuat Indonesia kaya akan sumber daya alam, tak hanya sumber daya alam yang bisa dinikmati dalam kehidupan sehari-hari manusia. Akan tetapi sumber daya alam berupa keindahan yang mempu memanjakan mata dan hati manusiapun Indonesia sangat memilikinya.

Potensi yang disampaikan diatas cukup menjelaskan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sektor terpenting yang dapat menopang kemajuan ekonomi negara. Sehingga industri pariwisata ini menjadi salah satu industri menjanjikan untuk dilakukannya investasi. Kesiapan Indonesia dalam menerima para investor untuk menanamkan modalnya dalam sektor pariwisata juga telah memadai. Hal tersebut ditunjukan dengan peluang penting bahwa setiap daerah telah memiliki keunggulan dan daya tarik wisatanya masing-masing, baik alam, budaya serta sumber daya manusia yang mumpuni. Sehingga, dengan begitu dapat dipastikan bahwa Indonesia mampu menjadi magnet yag snagat mampu menarik Indonesia sebagai daerah pariwisata yang sangat seksi dan eksotik untuk menarik mata dunia, dan industri tersebut merupakan peluang investasi yang tak terbantahkan.

Kondisi Investasi pada sektor Pariwisata di Indonesia yang cenderung lebih kondusif dewasa ini, membuat para investor yang lainnya akan lebih tertarik lagi untuk berinvestasi. Industri pariwisata di Indonesia tak hanya mencakup pariwisata alam saja, akan tetapi seluruh sektor pariwisata mencakup leisure, resort, dan kuliner di Indonesia. BKPM sebagai Badanpemerintah yag bertugas mengurusi masalah investasi di Indonesia semakin giat untuk mempromosikan peluang investasi tersebut harus segera dimanfaatkan mengingat besarnya pertumbuhan sektor pariwisata di kawasan Asean yang akan berdampak langsung terhadap industri wisata di Indonesia. Kondisi-kondisi semacam itu harus tetap dipelihara sekaligus dikembangkan, mengingat kontribusinya yang begitu tingggi atas perkembangan ekonomi daerah dan Indonesia scara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *