Filosofi Lambang IPB

IPB (Institut Pertanian Bogor) adalah perguruan tinggi negeri yang berdiri sejak tahun 1963. IPB lahir pada tanggal 1 September berdasarkan keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 92/1963 dan kemudian disyahkan oleh Presiden RI Pertama dalam Keputusan No. 279/1965. Berdirinya IPB ditujukan sebagai wujud kepedulian dari pemimpin bangsa terhadap pendidikan tinggi pertanian di Indonesia. Diharapkan kemajuan kompetensi dalam bidang pertanian, biosains dan lainnya semakin kuat demi ketahanan pangan, bioenergi, pengentas kemiskinan, penciptaan lapangan kerja dan lingkungan hidup yang semakin terjaga.

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang terkenal di Indonesia, IPB mempunyai lambang dengan filosofi yang cukup mendalam. Lambang IPB menggambarkan pertumbuhan IPB sebagai lembaga pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu maju, senantiasa tumbuh dan mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, detail lambang IPB juga memiliki berbagai makna yang mencerminkan visi misi IPB sebagai salah satu perguruan tinggi pertanian negeri yang ternama di Indonesia.

Lambang IPB terdiri dari tulisan Institut Pertanian Bogor, gambar pohon berdaun lima helai dan buku terbuka dengan warna garis tulisan putih dan warna dasar biru yang masing-masing mempunyai filosofi yang bermakna. Berikut ini makna filosofi logo IPB tersebut, yaitu :

  • Warna dasar biru mencerminkan IPB sebagai kelompok ilmu pengetahuan.
  • Gambar buku terbuka menggambarkan IPB sebagai sumber ilmu pengetahuan.
  • Bentuk logo bundar melambangkan ilmu yang tidak terbatas, selalu bertambah dan berkembang.
  • Cabang tiga helai dari buku melambangkan Tridarma Perguruan Tinggi.
  • Lima ujung helai daun menggambarkan lima fakultas pertama saat IPB berdiri dan Tridarma Perguruan Tinggi berdasarkan Pancasila.

Itulah filosofi atau makna dari lambang IPB (Institut Pertanian Bogor) yang sangat mendalam. Berdasarkan filosofi tersebut, dapat disimpulkan bahwa lambang IPB mencerminkan tujuan utama IPB yang berkomitmen untuk mengamalkan Tridarma Perguruan Tinggi berlandaskan Pancasila. Sebagai perguruan tinggi pertanian negeri ternama di Indonesia, tentu saja lambang yang digunakan menjadi cerminan perguruan tinggi yang berkualitas tinggi dan profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *