Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Lingkungan Hidupnya

Selain faktor hereditas atau keturunan, ternyata pertumbuhan dan perkembangan seorang anak dipengaruhi pula oleh faktor lingkungan yang menjadi tempat hidupnya dan yang membentuk pola kesehariannya. Lingkungan menjadi salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama saat seorang anak sudah mulai diperkenalkan dengan kehidupan sosial disekitarnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Lingkungan Hidupnya

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di Lingkungan Hidupnya

Lingkungan Internal dan eksternal anak menjadi faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak di dunia sosialnya. Faktor-faktor tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Faktor lingkungan internal
Dalam lingkungan internal, terdapat 3 aspek yang memberi pengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu antara lain:

Aspek emosi
Hubungan emosional yang terbentuk antara anak dengan lingkungan terdekatnya seperti orang tua, saudara, guru dan teman-temannya dapat memberi dampak signifikan bagi perkembangan emosi, kemampuan interaksi sosial dan juga tingkat intelektualitas anak.

Aspek inteligensi (kecerdasan)
Kecerdasan yang dibawa sejak lahir serta tingkat inteligensi anak tentunya memberi pengaruh besar pada tingkat perkembangan anak di lingkungan sosialnya.

Aspek hormon
Terdapat 3 macam hormon yang memberi pengaruh besar pada pertumbuhan anak yaitu:

Gonadotropin, yaitu hormon yang memberi pengaruh pada perkembangan organ seks anak. Untuk anak laki-laki, gonadotropin memproduksi testoteron yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan organ seks anak lelaki serta memproduksi spermatozoa, dan memproduksi estrogen yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan organ seks anak perempuan dan memproduksi sel telur.
Somatotropin, yaitu hormon yang mempengaruhi dan merangsang pertumbuhan sel otak selama masa perkembangan anak.
Tiroid, yaitu hormon yang berperan penting dalam mempengaruhi pertumbuhan seluruh sel dan organ tubuh anak.

Faktor lingkungan eksternal
Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh dan kembang anak dari lingkungan eksternal antara lain:

Status sosial dan tingkat ekonomi
Kondisi tingkat ekonomi keluarga dan juga status sosial keluarga di masyarakat dapat memberi pengaruh pada pola asuh yang diterapkan orang tua dan keluarga terhadap anak. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi perkembangan fisik dan juga psikis anak di kehidupan sosialnya.

Kebudayaan
Budaya yang diterapkan serta kepercayaan dan adat istiadat yang dianut suatu lingkungan akan sangat mempengaruhi tingkah laku dan kebiasaan masyarakat di lingkungan tersebut, salah satunya juga dalam hal merawat serta mendidik anak-anak.

Asupan gizi dan nutrisi
Gizi dan nutrisi yang menjadi asupan sehari-hari dalam keluarga adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Asupan makanan yang mengandung zat-zat penting bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral sangat mendukung tumbuh kembang fisik anak menjadi makin optimal. Pemberian nutrisi tambahan juga perlu dilakukan terutama bila anak mengalami masalah susah makan. Produk susu S-26 Nutrisure Gold dari Wyeth dapat menjadi solusi bagi Anak yang bermasalah makan sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi penting bagi tubuh dapat tetap terpenuhi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *