Definisi Keluarga dan Fungsi Keluarga Yang Wajib Dimengerti

Definisi Keluarga
Definisi Keluarga dan Fungsi Keluarga Yang Wajib Dimengerti

Definisi Keluarga dan Fungsi Keluarga Yang Wajib Dimengerti

Keluarga merupakan suatu kumpulan manusia atau kelompok manusia yang hidupnya bersama sebagai kesatuan dan terdapat hubungan darah, tempat tinggal serumah dan terjalin ikatan perkawinan. Terdapat berbagai macam definisi keluarga menurut beberapa sumber. Pertama, menurut Logan dan Duvall, 1986 menyatakan bahwa keluarga merupakan sekumpulan orang yang terdapat ikatan kelahiran, perkawinan dan adopsi dengan tujuan menciptakan, meningkatkan perkembangan, mempertahankan budaya, emosional dan mental dari setiap anggota keluarga. Kedua, menurut Maglaya dan Bailon, 1978 menyatakan bahwa keluarga merupakan dua atau lebih orang hidup serumah karena terdapat hubungan perkawinan, hubungan darah dan adopsi. Ketiga, menurut Departermen Kesehatan Republik Indonesia, 1988 menyatakan bahwa keluarga merupakan unit paling terkecil di masyarakat yang terdiri beberapa orang dengan tinggal dibawah satu atap yang saling ketergantungan.

Nah, setelah Anda tahu definisi keluarga, alangkah baiknya Anda juga memahami beberapa fungsi keluarga dalam ketentuan tatanan masyarakat. Berikut beberapa fungsinya :

  • Fungsi Bilogis

Dalam fungsi biologis maka keluarga bisa meneruskan keturunan, membesarkan dan memilihara anak, memberikan asupan gizi, melindungi dan merawat anggota keluarga dan memberikan kesempatan anggota keluarga untuk berekreasi.

  • Fungsi Psikologis

Untuk fungsi psikologis maka keluarga bisa menjalani pendewasaan kepribadian untuk setiap anggotanya, mendapatkan perlindungan psikologis, identitas keluarga asli, terdapat rasa kasih sayang yang nyaman dan mengadakan hubungan yang baik dengan keluarga-keluarga yang lainnya.

  • Fungsi Sosiologi atau Sosial Budaya

Untuk fungsi ini, maka keluarga bisa meneruskan kebudayaan di lingkungan sekitar, bersosialisasi tinggi dan membentuk norma-norma yang tinggi serta tingkah laku yang sopan terhadap masyarakat.

  • Fungsi Sosial

Dalam fungsi ini, maka keluarga bisa mencari beragam sumber untuk memenuhi semua fungsi lain, bisa membagi sumber-sumber tersebut sebagai tabungan atau keperluan lainnya dan mengatur keuangan atau perekonomian.

  • Fungsi Pendidikan

Dalam fungsi pendidikan, maka keluarga bisa menerapkan keterampilan, persiapan kehidupan dewasa yang lebih mapan dan memenuhi semua peranan yang membuat anggota keluarga bisa lebih dewasa.

Itulah definisi keluarga dan fungsi keluarga yang bisa Anda pahami. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *