Cara Menjadi Ibu Yang Baik Untuk Anak

Disadari atau tidak, menjadi seorang ibu punya peranan yang bisa dikatakan tidaklah mudah. Seorang ibu punya peran yang sangat penting untuk keluarga, terlebih untuk anak. Sosok ibu bahkan bisa diibaratkan sebagai malaikat untuk buah hatinya, dimana kasih sayang yang diberikan ibu selalu tulus dan bahkan tak mengharapkan untuk memperoleh imbalan. Untuk bisa menjadi ibu yang baik kiranya memang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Pengalaman adalah satu faktor penting sebagai cara menjadi ibu yang baik.

Jelas demikian, dari pengalaman kita tentu bisa mendapatkan makna yang bisa dipelajari. Begitu pun dengan ibu, melakukan hal-hal baik untuk berusaha menjadi ibu yang baik, kemudian hal itu dijadikan sebagai koreksi memperbaiki diri. Langkah inilah yang bisa mambawa seorang ibu menjadi figur yang sangat berarti untuk anak. Nah, berikut ini ada beberapa cara menjadi ibu yang baik untuk anak yang bisa diterapkan di rumah bagi anda yang mungkin baru menimang buah hati :

  1. Ajarkan pada anak mengenai kesabaran dan juga ketegaran. Masalah yang pernah anda terima, hadapi dengan kesabaran dan juga ketegaran. Kesabaran ini bisa menjadi contoh yang sangat baik untuk anak anda. Secara tidak langsung, anak anda yang sudah cukup umur akan memahami bagaimana cara untuk menghadapi masalah, seperti ketika anda dengan bijak menghadapi masalah.
  2. Tanamkan sikap lemah lembut pada buah hati sejak kecil. Di masa pertumbuhan anak ketika anak mulai belajar berbicara, berjalan, bermain dan sebagainya, salah satu cara menjadi ibu yang baik adalah ajarkan lemah lembut. Lemah lembut dalam berbicara, bersikap dan sebagainya, tanpa harus menjauhkan dari sisi ketegasan
  3. Jadilah penyemangat selalu untuk anak anda. Baik ketika dirinya sukses semisal menjadi juara kelas, ataupun saat ia mendapat tantangan seperti tugas sekolah yang sulit. Belajarlah untuk lebih sering memberikan motivasi pada anak dan meyakinkan dia untuk selalu bersemangat menjalani aktivitas
  4. Menjadi ibu mandiri juga salah satu langkah untuk jadi ibu yang baik. Seperti yang diketahui bahwa tugas ibu di rumah tidaklah sedikit. Mulai dari mengurus anak, membersihkan rumah, mencuci piring sampai dengan memasak. Ibu yang baik adalah yang mandiri dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan seperti itu. Hal ini akan membuat anak memahami bahwa anda adalah ibu yang hebat, yang pekerja keras. Anda bisa mencontohkan semisal saat selesai makan, anak harus segera mencuci piringnya sendiri dengan sabun pencuci piring terbaik seperti Sunlight Clean & Soft agar tangan anak juga tetap lembut. Ajaran-ajaran seperti ini tentu bisa anda sesuaikan dengan tingkat kemampuan di usia anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *