Cara Mengelola Keuangan Keluarga

Cara mengelola keuangan keluarga merupakan issue besar dan penting yang perlu dipahami setiap keluarga terutama pada keluarga yang baru menjalani kehidupan rumah tangga. Seberapa besar penghasilan dalam suatu rumah tangga masih ada keluarga yang kekurangan uang di akhir bulan. Pola pikir pasangan juga harus diubah karna saat hidup berumah tangga uang yang awalnya dimiliki sendiri menjadi milik bersama jadi kita tidak bisa mengunakan uang secara sembarangan. Untuk menghindari masalah keuangan komunikasi dan rasa saling percaya antar pasangan merupakan salah satu kuncinya, transparasi dan kejujuran juga sangat dibutuhkan dalam mengatur keuangan rumah tangga.

1. Pahami keuangan keluarga anda

Langkah awal dari Cara Mengatur Keuangan keluarga adalah anda harus mengetahui jelas pendapatan yang didapatkan selama sebulan dan biaya kehidupan anda sekeluarga selama sebulan mulai dari tagihan listrik hingga arisan yang anda ikuti. Dengan mengetahui semua ini, anda dapat memperhitungan biaya kebutuhan tiap bulan dan pengeluaran yang harus anda keluarkan.

2. Buatlah anggaran keuangan

Anggaran keuangan yang akan anda buat baiknya bila memproyeksikan kebutuhan selama sebulan sehingga perhitungan akan lebih akurat. Perhitungkan dengan rinci kebutuhan anda sebulan, dahulukan kebutuhan yang terpenting seperti belanja bulanan, biaya sekolah, dan cicilan ruman serta buatlah dana tak terduga sehingga bila terjadi sesuatu anda tidak perlu lagi mencari pinjaman.

3. Menabung

Dengan menabung keuangan akan lebih stabil. Sisihkan gaji anda tiap bulan untuk ditabung dengan itu keuangan anda akan lebih aman. Usahakan untuk tidak menggunakan uang tabungan.

4. Investasi

Seperti menabung dengan investasi anda menyiapkan kehidupan anda di masa depan. Investasi memiliki banyak bentuk, anda dapat bermain saham, membeli emas, dan properti carilah investasi yang menguntungkan.

Bila anda masih ragu dalam mengatur keuangan rumah tangga anda sendiri, anda dapat berkonsultasi dengan ahli keuangan seperti berkonsultasi dengan Futuready, anda dapat mengetahui Cara Mengatur Keuangan keluarga hingga merencanakan masadepan. Dengan rencana keuangan tiap bulan anda juga bisa memproyeksikan keuangan selama setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *