Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar dalam Lingkungan Keluarga

Kehadiran seorang anak merupakan anugerah pada setiap keluarga. Perilaku sang anak sangat dipengaruhi dengan keadaan lingkungan sekitar. Lingkungan terdekat yang ada yaitu lingkungan keluarga sendiri. Orang tua menginginkan anaknya menjadi penerus keluarga yang berguna bagi lingkungannya. Untuk mendidik anak memang harus dimulai sejak dini dan dimulai dengan menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis. Cara mendidik anak yang baik dan benar berikut ini dapat Anda terapkan di lingkungan keluarga. Penjelasan beberapa cara ini terbukti membangun lingkungan keluarga yang mendukung pribadi anak yang baik.

Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar dalam Lingkungan Keluarga

Pada dasarnya setiap anak yang lahir di dunia ini seperti kertas putih yang bersih. Peran orang tua pertama lah yang akan menentukan gambar baik atau buruk yang ada di kertas tersebut. Artinya anak akan melihat, mendengar, dan memperhatikan setiap tingkah laku orang tua. Sebagai orang tua dituntut untuk memberikan teladan yang baik bagi anaknya. Setelah memberikan peneladanan yang baik orang tua harus memberikan pengertian terhadap anak. Pengertian disini adalah sikap kejujuran, kepedulian, ketulusan, kedisiplinan, tolong menolong, serta kerja keras. Hal ini penting sebagai bekal hidup anak di masa depan sehingga anak dapat tumbuh secara mandiri. Selanjutnya cara mendidik anak usia dini di rumah adalah memberikan pelajaran tentang penderitaan artificial. Penderitaan ini bukan penyiksaan namun pembelajaran tentang perjuangan untuk mendapatkan sesuatu. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik anak sendiri. Misalnya anak Anda harus rajin belajar bila ingin mendapat mainan yang diinginkan. Dan yang terakhir selalu berikan dorongan kepada anak untuk mencoba sesuatu. Jangan memberikan rasa takut kepada anak untuk melakukan sesuatu. Latihlah keberanian anak supaya percaya diri dengan lingkungan sekitar.

Hal tersebut merupakan cara mendidik anak yang baik dan benar dalam lingkungan keluarga. Sikap keteladanan Anda sebagai orang tua sangat berpengaruh terhadap perilaku anak. Program Wyeth yaitu parenting club menjadi inspirasi untuk mendukung tumbuh kembang dari anak. Informasi tentang nutrisi, tumbuh kembang, cara mengasuh, stimulasi, dan kesehatan lengkap diberikan oleh Wyeth. Pastikan sebagai orang tua mengenali kecerdasan sang anak dengan baik bersama Wyeth.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *