Berbagai Sumber Informasi Sebelum Membeli Saham

Bagi Anda para pemain bursa saham pastinya telah mengenal dengan sangat familiar nama bursa efek Indonesia atau dahulunya sering disebut sebagai bursa efek Jakarta atau Jakarta stock exchange. Disanalah harga saham-saham dipertarungkan dan diperjualbelikan dengan tujuan bertambahnya investor yang akan menanamkan modalnya. Namun jika Anda berniat bermain saham, maka menggunakan satu informasi saja tidak cukup karena banyak sekali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga saham sedangkan pada bursa saham hanya terdapat informasi mengenai harga sahamnya saja.

 Berbagai Sumber Informasi Sebelum Membeli Saham

Anda harus terlebih dahulu melakukan survey terhadap perusahaan yang akan menjadi tempat investasi dana Anda. Apakah perusahaan tersebut memperoleh keuntungan di tahun lalu atau justru mengalami defisit. Keadaan ekonomi, politik dan stabilitas negara saat ini juga menjadi satu point penting karena dapat mengurangi nilai saham perusahaan manapun terutama bagi investor asing. Hal-hal seperti inilah yang kurang dapat diinformasikan oleh stock exchange Jakarta sehingga Anda perlu mencari informasinya dari luar.

 

Beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan dalam mencari informasi seputar harga saham dan hal-hal yang dapat mempengaruhinya adalah:

 

  • Dari surat kabar.
  • Dari televisi.
  • Dari pihak dalam perusahaan tersebut.
  • Dari sesama investor.
  • Dari website yang terpercaya.

 

Semua sumber tersebut sebaiknya berasal dari pihak independen sehingga tidak memiliki maksud tertentu dalam memberikan informasi yang Anda butuhkan. Selain itu berita yang dapatkan diharapkan seakurat mungkin karena saham dapat berubah-ubah dalam hitungan menit.

 

Jika Anda mencari sumber informasi independen, terpercaya dan up to date, Anda dapat mengandalkan website IDN Financial yang memberikan informasi seputar harga saham dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Anda dapat melihat tabel harga saham sambil membaca berita-berita seputar politik, ekonomi, keamanan dan isu-isu tentang bisnis yang mungkin dapat mempengaruhi harga saham yang akan Anda beli. Karenanya IDN Financial adalah sumber informasi yang paling lengkap memberikan berita selain Jakarta stock exchange. Selain itu karena memakai media internet Anda dapat memantau perkembangannya dari mana saja dan di mana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *