Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak

Perkembangan Anak
Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Anak

Sejak pertama lahir ke dunia bayi terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik secara fisik maupun psikologis. Perkembangan itu terus berlanjut sesuai dengan usianya. Secara umum perkembangan anak mengalami dua periode, penting yaitu :

  1. Periode emas yaitu pada anak usia nol sampai 3 tahun, atau pada 100 hari pertama sejak dilahirkan. Pada masa ini anak sangat peka untuk menerima berbagai rangsangan dan cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap sesuatu.
  2. Periode peka yaitu dimana pada usia ini (sekitar 3 sampai 5 tahun) anak sudah meiliki kematangan fungsi psikis dan fisiknya, sehingga dapat memberikan stimulasi terhadap rangsangan yang diberikan oleh lingkungan. Pada tahap ini anak sudah mulai mengembangkan bahasanya meskipu belum bisa berpikir abstrak.

Pertumbuhan dan perkembangan anak ini sangat dipengaruhi oleh jenis asupan makanan yang dikonsumsinya. Anak yang kekurangan zat gizi penting dalam pertumbuhannya akan mengalami gangguan atau keterlambatan dalam stimulasi.  Karenanya sangat penting untuk memperhatikan zat gizi yang dibutuhkan anak seperti vitamin, mineral, kaolin, AA, DHA, serta kolostrum untuk menjaga daya tahan tubuhny agar tetap sehat.

Makanan yang baik untuk kesehatan anak diantaranya : telur, ikan salmon, susu sapi segar, kacang-kacangan, gandum utuh, yoghurt, sayuran berwarna, buah-buahan yang akaya akan vitamin A, C, dan E. Selain itu ajarkan juga anak anda untuk membiasakan pola hidup sehat seperti olahraga dan istirahat yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *