Bacakan Dongeng Ke Anak Dan Katanya Inilah Manfaatnya

Cerita dongeng ke anak merupakan salah satu kegiatan menceritakan suatu kisah. Kegiatan mendongeng biasa dilakukan oleh orang tua kepada anak-anak, namun sayangnya kegiatan mendongeng pada sekarang sudah mulai jarang dilakukan. Banyak orang tua yang sibuk dengan urusannya masing-masing dan banyak anak-anak yang lebih suka bermain gadget ataupun lebih senang menonton televisi. Padahal kegiatan mendongeng yang dilakukan oleh orang tua memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak.

Banyak cerita dongeng anak yang ada seperti cerita dongeng rakyat, cerita religi mengenai tokoh agama, dan juga cerita fantasi. Seperti ceritabawang putih dan bawang merah serta malin kundang merupakan contoh cerita dongeng masyarakat. Sedangkan cerita tentang kisah nabi nuh dan cerita tentang putri salju merupakan contoh cerita religi dan cerita fantasi. Umumnya dalam setiap cerita dongeng terdapat makna kehidupan yang dapat dipelajari selain itu juga terdapat beberapa manfaat dari mendongengkan cerita pada anak sebagai berikut:

1. Mempererat ikatan emosi orang tua dengan anak.
2. Sebagai moment untuk relaksasi bagi anak.
3. Secara tidak langsung mengalami dan mengetahui tentang budaya yang berbeda dari setiap latar belakang dongeng.
4. Dapat memperkenalkan ide baru kepada anak dalam mengatasi masalah dalam berhubungan sosial.
5. Anak belajar untuk mendengarkan orang tua.
6. Meningkatkan tata bahasa pada anak.
7. Mengembangkan daya imajinasi dan meningkatkan daya nalar pada anak.

Anak yang rutin mendapatkan cerita dongeng anak umumnya memiliki perasaan yang lebih kuat dan tajam serta memiliki banyak solusi yang dapat membantu mereka mengatasi masalah saat bersosialisasi. Demikianlah beberapa manfaat yang dapat anak anda dapatkan. Hal terpenting dalam bercerita dongeng ialah menciptakan waktu yang berkualitas antara orang tua dan anak, bahkan akan lebih baik bila waktu tersebut ditemani dengan secangkit tehSariwangi. Secangkir Teh Sariwangi akan menghangatkan suasana serta mendekatkan anda dengan anak. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sebaiknya anda meluangkan waktu terbaik anda bersama dengan anak melalui sepenggal kisah dongeng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *