4 Langkah Menata Dapur Minimalis Yang Tepat

Dapur memang menjadi ruangan yang penting bagi aktivitas ibu rumah tangga setiap harinya, sehingga apabila dapur kurang begitu nyaman maka aktivitas memasak akan terasa malas dan membosankan. Terlebih jika memiliki dapur dengan ukuran minimalis atau kecil, dengan begitu Anda harus menata dapur minimalis itu dengan sangat rapih dan bersih agar dapur minimalis akan terlihat lebih luas dan nyaman untuk digunakan melakukan aktivitas sehari-hari dalam dapur. Memiliki dapur yang luas dengan desain yang modern tidak lebih menarik daripada memiliki dapur berukuran kecil namun tersusun dengan rapih. Besar kecilnya ukuran dapur tidaklah berpengaruh dengan kualitas penataan dapur nantinya. Kebersihan dan juga kerapihanlah yang menjadi faktor utama, karena dapur menjadi tempat aktivitas yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk menyiapkan masakan keluarga sehingga kebersihan dan kehegienisa dapur dan peralatan harus ditata dengan baik.

Memiliki dapur yang bersih saja tidak akan cukup, Anda juga harus menjaga kerapihan dapur dengan menata dapur minimalis Anda menjadi sangat rapih. Masalah yang biasanya muncul yaitu terkadang banyaknya kitchen set yang ada akan membuat Anda kebingungan dalam mengatur dan menata dapur sedemikian rupa agar rapih dan bersih. Berikut merupakan 4 langkah menata dapur minimalis menjadi rapih dan bersih dengan desain modern.

1. Mengubah Pakem

Kemungkinan masih banyak diantaranya ibu rumah tangga yang memang masih menggunakan pakem untuk menata dapur, misalnya harus menyimpan berbagai makanan dalam lemari, sementara lemari yang digunakan memiliki ukuran yang tidak begitu kecil. Maka dari itu, sudah saatnya untuk mengubah kebiasaan itu dengan menyimpan makanan tersebut dalam meja makan biasa saja. Meskipun sederhana, namun hal-hal kecil seperti ini sangatlah berpengaruh terhadap luas dan kenyamanan suatu dapur.

2. Usahakan Dapur Selalu Rapih

Untuk menjadikan dapur terlihat rapih sangat mudah, caranya hanya dengan menempatkan barang-barang dapur secara menyeluruh dalam tempat yang sudah disediakan. Tempatkan semua peralatan dapur ke tempat yang sudah disediakan masing-masing, dengan begitu pekerjaan dalam hal menata dapur akan terasa lebih ringan dan mudah untuk dilakukan.

3. Sesuaikan Ukuran

Letakkan semua peralatan dapur atau perabotan lainnya di tempat yang sesuai dengan ukurannya. Karena untuk menata dapur minimalis sangat penting dilakukan agar perabotan tidak memenuhi dapur dan membuat ruangan dapur menjadi sempit.

4. Usahakan Untuk Pencahayaan Dapur Lebih Terang

Sebenarnya tidak hanya ruangan dapur saja yang harus memiliki pencahayaan lebih terang, namun semua ruangan yang terdapat dalam rumah juga harus dibuat ruangan yang terang. Maka dari itu, hal ini dibutuhkan pencahayaan lampu ruangan yang terang. Perlu diketahui, bahwa dapur adalah ruangan yang penuh dengan peralatan masak apabila ruangan ini memiliki pencahayaan kurang terang maka bahan-bahan makanan dan peralatan masak akan menjadi lembab dan berjamur. Namun, untuk mengatasi jamur atau bakteri lainnya pada peralatan masak, usahakan selalu mencuci semua peralatan masak setelah digunakan dengan sabun pencuci Sunlight. Kandungan pada Sunlight sangat ampuh untuk membunuh bakteri pemicu tumbuhnya jamur pada perabotan dapur.

Dengan tips cara menata dapur minimalis agar terlihat lebih luas dan lebih besar dapat Anda terapkan untuk Anda yang memiliki ruang dapur kecil dan sempit. Anda dapat mulai berkreasi dalam menata ruangan dapur yang memiliki keterbatasan ruang atau minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *