3 Jenis Kamera Untuk Mobil di Pasaran, Pilih yang Mana?

Adanya kamera untuk mobil atau dash cam merupakan salah satu fitur tambahan yang akan sangat berguna bagi banyak pemilik mobil di jalan. Kemampuan merekam dengan jelas peristiwa yang ada di depan mobil ataupun di samping/belakang memberikan bukti yang kuat jika ada yang sengaja menabrak mobil Anda namun menyalahkan Anda untuk memeras. Ini terutama sangat berguna di Indonesia yang masih menganggap mobil selalu salah.

Berbicara tentang kamera mobil, ada beberapa jenis kamera yang sekarang ini ditawarkan. Anda bisa melihat semua jenis tersebut di PX Indonesia, yang menyediakan dash cam dengan berbagai macam fitur lengkap dan harga yang relatif terjangkau. Anda bisa memilih untuk mendapatkan kamera bertipe single camera, multiple camera, ataupun kamera CCTV biasa yang umum dipakai di pertokoan maupun di gedung-gedung pusat perbelanjaan. Semua memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini adalah jenis dash cam yang sekarang ada, dan ulasan ringkas tiap jenisnya:

  1. Single camera

Jenis dash cam paling umum ditemui. Kamera ini merekam bagian depan mobil, dan otomatis merekam begitu mobil dinyalakan. Tenaga diambil dari baterai mobil via lighter plug untuk rokok. Video bisa dipindah ke kartu memori, dan resolusinya mencapai 1080p.

  1. Multiple camera

Mirip seperti single camera, tapi merekam 2 sudut pandang sekaligus. Biasanya satu diletakkan di depan, sementara kamera kedua bisa diletakkan di mana saja, namun dengan kualitas rekaman lebih rendah. Dash cam ini biasa dipakai untuk kendaraan seperti truk dan taksi. Harganya lebih mahal, dan biasanya orang lebih memilih membeli 2 single camera.

  1. CCTV

Pada dasarnya adalah kamera CCTV biasa yang dipasang di kendaraan. Bisa merekam lebih lama dan memiliki sudut pandang beragam. Namun resolusinya lebih rendah, dan bahkan grainy, serta pemasangannya cukup merepotkan.

Dari antara ketiga jenis kamera untuk mobil di atas, single camera masih menjadi primadona banyak pengemudi selama ini. Ini karena single camera memiliki fungsi yang bagus, pemasangan mudah, tidak menghalangi pandangan, kualitas video yang bagus, dan harganya juga cukup masuk akal. Untuk kendaraan pribadi, inilah tipe dash cam yang paling pas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *